Tuesday, January 20, 2015

PROXAN-C , Efektif terhadap Infeksi Bakteri pada Unggas



PROXAN-C ialah sediaan farmasetik berupa suspensi berwarna merah muda dengan kandungan antibiotik golongan terbaru dari golongan fluorokinolon


Indikasi PROXAN-C

CRD kompleks, colibacillosis, kolera, korisa dan pullorum

Keunggulan PROXAN-C
    Ampuh
PROXAN-C bekerja menghambat enzim DNA gyrase bakteri sehingga proses pembelahan sel terganggu. Akibatnya sel bakteri mengalami kematian.
Trial PROXAN-C pada ayam pedaging yang diinfeksi bakteri CRD dan colibacillosis (CRD kompleks) di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) tahun 2007 menunjukkan tingkat kesembuhan ayam mencapai 93,3% dengan skor patologi anatomi yang menurun signifikan dari 1,47 menjadi 0,33.
Hasil uji sensitivitas juga menunjukkan PROXAN-C memiliki nilai minimum inhibitory concentration (MIC) yang kecil yaitu 0,156 µg/ml untuk M. gallisepticum dan 1,25 µg/ml untuk E. coli. Artinya dalam kadar rendah, PROXAN-C sudah mampu mengatasi CRD kompleks serta bakteri Gram (+) dan Gram (-) lainnya.
   Daya kerja cepat
PROXAN-C cepat terserap (mencapai kadar maksimal dalam 30 menit) dan terdistribusi secara luas ke dalam jaringan dan sel yang terinfeksi.
   Aman
PROXAN-C yang diberikan sesuai dosis dan aturan pakai telah terbukti tidak mempengaruhi produktivitas ayam. Hasil trial yang dilaksanakan di FKH UGM (2007) menunjukkan pemberian PROXAN-C tidak menyebabkan penurunan konsumsi air minum, ransum maupun berat badan.
   Mudah larut air
PROXAN-C mempunyai kelarutan yang baik dalam air minum dan tidak menyumbat tempat minum otomatis.

Dosis dan aturan pakai
1 ml tiap 2 liter air minum atau 0,1 ml tiap kg berat badan, diberikan selama 3-5 hari berturut-turut.

KOCOK DAHULU SEBELUM DIGUNAKAN
sumber:  info.medion.co.id

No comments:

Post a Comment